Cara setting Robots.txt pada Blogspot

Aryan.ngrambe.net - Robots.txt berfungsi untuk mencegah web crawler bekerja sama dengan robot web lain untuk mengakses semua atau bagian dari sebuah website yang jika dilihat secara terbuka. Intinya sebuah file robots.txt pada sebuah situs web akan berfungsi sebagai permintaan agar robot tertentu mengabaikan file tertentu atau direktori ketika merangkak dalam sebuah situs.

Jika anda menggunakan Blog platform wordpress.org maka file robots.txt dapat di buat sendiri melalui file manager di cpanel, namun jika anda pengguna blogspot seperti saya maka ada langkah-langkah yang perlu sebelum mengaktifkan robots.txt (secara default tidak aktif)

Langkah-langkah setting Robots.txt untuk Blogger :

1. Login ke akun Blogger Anda
2. Klik Setelan > Preferensi Penelusuran
3. Pada Tab Perayapan dan Pengindeksan muncul menu robots.txt khusus pilih edit
Pengaturan Robot.txt Blogspot
4. Kemudian isi dengan perintah dibawah ini :
User-agent: Mediapartners-Google
Allow:/
User-agent: Googlebot
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search?*
User-agent: Twitterbot
Allow:/
User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: /p/*
Disallow: /view/*
Allow: /
Sitemap: http://www.hanisah.com/feeds/post/default?orderby=UPDATED
5. Simpan

Nah, jika anda ingin mengaktifkan juga fitur Tag Header Robot Khusus maka dapat anda setting seperti berikut :
Pengaturan Tag Header Blogspot.
Untuk website dengan beberapa subdomain, subdomain masing-masing harus memiliki file robots.txt sendiri. Jika example.com memiliki file robots.txt tapi sub.example.com tidak, aturan yang akan berlaku untuk example.com tidak akan berlaku untuk a.example.com

Komentar

  1. Wah bermanfaat nih mas,... kebetulan lagi cari info ini buat blogku..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ok mastah... langsung dipraktekin :D
    kunjungi juga blog saya ya....
    kasih kritik dan saran :)

    BalasHapus
  4. Insyaalloh.. masih on mobile nih :)

    BalasHapus
  5. Thanks gan infonya sangat membantu.....

    BalasHapus
  6. mksih atas info dan tutornya mas

    BalasHapus
  7. thanks for sharing. boleh lah buat nambah2 ilmu di blogger :D

    BalasHapus
  8. selamat siang gan, tanya sedikit neh.. klo Blogspot.com ane dah ganti domain itu yang pake buat seting di robot.txt yang mana yah?

    tolong dibls, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sitemap: http://www.hanisah.com/feeds/post/default?orderby=UPDATED

      rubah www.hanisah.com menjadi domainmu.blogspot.com atau domainmu.com / info/ net dll :)

      Hapus
  9. Tatang Garnita28 Maret, 2013 15:30

    Mantaaap !

    BalasHapus
  10. thanks infonya, akhirnya saya bisa pasang dengan name sub domain blog saya.

    BalasHapus
  11. thanks infonya, akhirnya saya bisa pasang dengan name sub domain blog saya. 

    BalasHapus
  12. nice gan... trims ya

    BalasHapus
  13. sudah saya terapkan di blog saya gan.termasuk cara setting parameternya url googlenya juga.kalo ada waktu jangan lupa mampir ke blog saya gan http://optimasiseomywapblog.me/domain-murah-dari-namecheap.xhtml

    BalasHapus
  14. subdomainnya juga berpengaruh ya.

    BalasHapus
  15. Apakah robot.txt ini masih berpengaruh dalam SEO?

    BalasHapus
  16. Baru tahu ane, pake cara ini..
    tapi emang bener harus ada yang diblock..
    soalnya di webmaster terdeteksi duplicate meta and title tags..

    Terima kasih masbro.. langsung ane coba dah..

    BalasHapus
  17. Terimakasih bapak sudah berkenan memberikan infonya, saya tunggu postingan selanjutnya yg lebih menarik

    BalasHapus
  18. Mungkin ini masalahku dgn blog kmrn....
    Thanks yaa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merubah Tampilan Pada NOKIA N-GAGE QD & CLASIC

Cara mengatasi User-defined type not defined Visual Basic 6.0