Mengembalikan Simple volume ke logical / primary tanpa format hard disk

Aryan.ngrambe.net - Meneruskan postingan saya sebelumnya yang sempat tertunda oleh kedatangan dosen, kali ini saya akan membahas inti pemecahan masalah, nah gak usah banyak omong dah yuk kita bahas cara meng convert type partisi simple volume ke logical / primary partition tanpa harus memformat harddisk dan tanpa kehilangan data data penting anda, check this out!!

Pertama tama anda harus mendownload EASEUS partition manager nya dulu
Disini ukuran 8.4Mb atau Disini 8.4Mb (mirored by : Linuk)

Setelah anda men download nya, silahkan install pada perangkat komputer anda dan jalankan program tersebut maka anda akan mendapatkan penampakannya seperti ini

Choose Convert to Basic Disk for free
Anda tidak bisa langsung merubah partisi simple volume langsung ke primary / logical, anda harus meng convert ke basic disk terlebih dahulu. setelah berhasil di convert baru anda klik pada partisi kemudian pilih convert to logical ataupun sebaliknya.
Select Convert Primary to Logical
Jika anda ragu bisa batalkan melalui tombol panah kembali di atas, namun jika sudah yakin silahkan klik gambar centang. setelah itu anda akan diminta untuk restart dan ketika ada perintah saat booting ikuti saja sesuai petunjuk. Mudah kan? selamat mencoba.

Note :
Saya telah mencoba trik di atas dan berjalan dengan sukses.
jika anda ragu lebih baik anda abaikan tutorial ini.
100% data saya aman menggunakan cara ini.

Komentar

  1. ihiir,..:) postingan yang pasti bermanfaat mas

    BalasHapus
  2. saya sudah mencobanya, tapi pas sy ubah ke basic disk dia ga mau :( kenapa ya?? :(

    BalasHapus
  3. saya sebelumnya juga nyoba pake minitool mirip banget kaya ini.. tapi pas pake minitool dia ga bisa. tapi setelah saya pake ini bisa. gak bisanya gimana?

    BalasHapus
  4. Sangat membantu mas artikel'mu...thanks

    BalasHapus
  5. Ealah, kirain tanpa software. :D
    Ternyata pake EASUS. Saya sih biasanya pake Partition Magic. :)

    BalasHapus
  6. @dendi sama sama :)

    @i2harmony hehhe iya bang pake software :) tapi pernah juga aku pake software yang sama tp beda versi jg ga bisa :)

    BalasHapus
  7. makasih gan, tadinya saya pake easeus 9.1 tp tidak berhasil, stlah download easeus dari sini akhirnya sukses besar. partisi saya kembali jd primary lg.

    BalasHapus
  8. hidup agan telah menyelamat kan hidup ku

    BalasHapus
  9. Sekedar pemberitahuan bagi yang belum sukses merubah Dynamic ke Basic ,... Mungkin anda punya lebih dari 4 Partisi di HDD , kalau ada lebih dari 4 memang tidak bisa. Anda msti hapus 1 partisi dulu baru ulangi pake cara Bang Aryan ini, dijamin 100% work ...

    Tq http://rizalvm.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan ane mau tanya, ane convert dynamic - disk itu pake vista lite, itu berhasil tp kok herannya jadi unlocated yah :) dan saya convert disk - dynamic lagi berhasil tapi tetep unlocated :((

      Dengan cara itu ane harus buat partisi baru, bagaimana apakah adaa pencerahan kalau sudah diconvert ke disk pake cara itu.. Apakah data saya bisa kembali lagi?

      Hapus
  10. Tidak perlu menghapus partisi teman, cukup ganti type partisi menjadi logical saja dah cukup kok :) iya kalo space masih banyak? kalo udah mepet kan kasihan? *note* harus pake software yg di download dari link diatas* selain itu gak dijamain, soale saya udah pernah nyoba software yang sama namun download disitus resmi yg versi terbaru malah gak bisa :)

    BalasHapus
  11. Iya Bang, kadang sperti HDD saya sebelum merubah ke Logical, HDD Dynamic mesti di rubah ji Basaic dulu. Nah perubahan Dynamic k Basic dari Easeus ini yg menyarankan apabila pertisi HDD lebih dari 4 simple volume, perubahan Dynamic ke Basic tidak bisa dijalankan ....

    Tq

    BalasHapus
  12. coba deh sampean download easus yg di atas pasti bisa.. Insyaallah :)

    BalasHapus
  13. berapa lama gan untuk merubah disk dynamic ke basic. soal nya saya punya problem untuk merubah type hardisk laptop dari dynamic ke basic

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah nyoba dan berhasil gan!!! thanks... cuman 4menit doang!! thanks :)

      Hapus
  14. aku membuat partisi pake disk menegement, neh yang saya tanyakan maksud dari NTFS, FAT, dll itu apa?

    BalasHapus
  15. tapi datanya gak bakalan hilang kan gan?

    BalasHapus
  16. mantap...terima kasih atas ilmunyan

    BalasHapus
  17. -->Tidak perlu menghapus partisi teman, cukup ganti type partisi menjadi logical saja dah cukup kok :) iya kalo space masih banyak? kalo udah mepet kan kasihan? <--
    caranya bgmn?
    partisi sy ada 4 drive, masih simple volume mau d rubah ke basic dlu tdk bisa.. mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisanya bagaimana.. apakah sudah mengunduh aplikasinya dari sini? http://www.mediafire.com/?1919ym4x6m47u45

      Hapus
  18. punyaku opsi "convert to basic disc" gak ada, yg keluar malah 2 saja yaitu "surface tes" sama "view propertis". mohon bantuannya, mungkin saya masih belum bisa,,,

    BalasHapus
  19. download nya lewat yang miror aja ya :D nih >> http://www.mediafire.com/?1919ym4x6m47u45 pasti bisa gan.. dah banyak yg berhasil kok

    BalasHapus
  20. Izin SEdot oM.,.,.,.,. MudAhan partitionnya balik primary lagi bingung soale.,.,.,.,

    BalasHapus
  21. Walah sekali coba langsung berhasil matur suwun cak Yan.,.,.,. Hard disk ku bAlek awal neh.,.,.,. Goodjob.,.,.,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau downloadnya dari link diatas pasti berhasil.. tapi kalo ngeyel pake yang lain ya jangan salahkan saya jika gagal maning gagal maning :D

      Hapus
  22. oke deh kakak... makacih sharenya...

    BalasHapus
  23. mas, saya mau nanya.
    dilaptop saya malah semua partisi bertipe simple volume. Udah saya install softwarenya, tidak bisa change to logical maupun primary.
    gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Convert to logical bro.. mohon dibaca dengan seksama.. :D

      Hapus
    2. kamu itu bodohh...

      Hapus
    3. wah.,. senasib nehh.,.,udah nemu kagak bang caranya??
      lappy ane juga semua partisinya jadi simple smw.,.

      Hapus
    4. law ada yg bisa tolong dibantu bang.,
      semua versi dari easus partition magic yang ada di link di atas udah saya install dan saya tidak menemukan convert ke basic disk.,. tolongin ane bang,.
      law ada yg berkenan tolong send ke email ane,.. fachriyusuf@yahoo.co.id

      Hapus
  24. neh pake yg home editon atau yg pro??

    BalasHapus
  25. aduh,,ku udah download yg diatas dari home ampe server,.,kagak nemu yg sama persis.,.,
    disk di lappy anne berubah jadi simple semua.,gimana cara ngembaliinnya???

    please, kirim ke email saya tutorialnya., fachriyusuf@yahoo.co.id
    mohon bantuannya bang

    BalasHapus
  26. (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h)
    Mantab Gan... running 100% and no error...
    Thanks..
    (f) (f) (f)

    BalasHapus
  27. Boss.., saat convert to basic itu gak ada konfirmasi bahwa HDD akan diformat ya ? soale pas nyoba pake Disk Management bawaan Windows (Manage) ada konfirmasi bahwa data akan hilang ketika di convert dari Dynamic ke Basic :-)

    BalasHapus
  28. Memang tidak di Format :)

    BalasHapus
  29. makasi banyak gan,,

    sangat bermanfaat ;)

    BalasHapus
  30. Mr Sandrypatria20 April, 2013 14:52

    tank's gan atas bantuannya :D

    BalasHapus
  31. gila u admin

    BalasHapus
  32. gan kok pas reboot terus. yang keluar cuman tulisan easus partition boot mode. gimana ini gan ?

    BalasHapus
  33. untuk ke basic nya aj gak ad :)
    saya pakai yang versi 8.01 tolong pencerahanya gan ????

    BalasHapus
  34. assalaamu alaikum bang admin

    sekedar bertanya saya beli laptop toshiba terbaru dg os win8
    ana mau ganti ke win7 ... eh pas di tengah tengah nge install ... ternyata gak bisa ....

    dengan alasan 'using gtp system' hardisknya semua berformat gtp...

    mohon bantuannya .... !!!!!!! Thanks advance

    BalasHapus
  35. thanks berat brooooooooooooooooooooo !!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  36. matur tanks mas brow ini sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  37. ommmm..... tolong saya....
    saya juga mengalami hal yang sama...
    saya sudah mencoba download link yg ad diatas.. bahkan juga download versi terbarunya [trial version] kok ga ad pilihan basic nya.... kok gak ad om,,,, ? :/
    mohon tanggapannya om

    BalasHapus
  38. om mohon bantuannya om,,,
    baru saja saya juga mengalami hal yang sama,,
    dn saya sudah mengikuti sarannya om untuk download easus dlink atas,,, dg versi 8....
    saya coba tapi kok tidak tampil pilihan disk > convert k basic T_T
    dan saya juga mendownload yg versi baru namun yg trial version, itu juga sama tdk ad pilihan disk > convert to basic.... >_<
    #mohon tanggpannya om ,,,, trimakasih

    BalasHapus
  39. gimana bro punya ane gak bisa (error)

    BalasHapus
  40. lama ya bro prosesnya ? emng gtu ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merubah Tampilan Pada NOKIA N-GAGE QD & CLASIC

Cara mengatasi User-defined type not defined Visual Basic 6.0