Aktifkan Driver Synaptic touchpad Linux Ubuntu milikmu sekarang!


Aryan.ngrambe.net - Setelah lama tidak mencari tau, ternyata saya telah ketinggalan informasi tentang cara mengaktifkan fitur trackpad / touchpad. Sebelumnya saya telah mencari kesana kemari berlari-lari namun hasilnya nihil, adapun tutorialnya pake bahasa inggris dan puanjang sekali gowe gak ngerti bahasa inggres geto. Pagi ini saya telah berhasil mengaktifkan driver synaptic touchpad / trackpad sehingga bisa senyaman saat di wedos, oiya Synaptic Touchpad ini berfungsi untuk memudahkan user dalam melakukan tapping,scrolling, two finger scrolling, three finger scrolling, dll. Intinya driver ini memudahkan jika kita sedang tidak memakai Mouse misalnya saat hotspotan. oke daripada banyak cing cong dah yuk kita install Synaptic nya!! cekidot!

Peralatan dan bahan :
1 . Anda harus punya laptop / netbook (harus ada touchpadnya, kalo ga ada berarti anda salah beli)
2 . Koneksi internet yang mampu mendownload sekitar 50mb (saya pake koneksi 8Kbps lancar)
3 . Rokok jika merokok, Nasi uduk, Lauk pauk, Kopi, dan cemilan secukupnya (not recomended)

Langkah-langkah :

1 . Masuk ke ubuntu software center.
2 . Ketikkan "touchpad" tanpa tanda kutip di kotak pencarian.
3 . Klik install pada Synaptic touchpad.
4 . Jika koneksi anda seperti milik saya (8Kbps) ada baiknya anda menikmati bekal yang telah dipersiapkan tadi. *udad udud sek kak sambi ngemil*
5 . Tunggu sampai proses installasi selesai.
6 . Jika sudah selesai proses, buka synaptic yang baru saja anda install di accessories >> synaptiks.
7 . Setting sesuka hatimu.
8 . Done.
Nah sampai disini semua tergantung dengan sejauh mana kemampuan hardware anda, untuk touchpad saya memang belum mendunkung two finger apalagi three finger, jadi belum sempat mencoba fitur tersebut, namun jika hardware anda mendukung ya silahkan di coba..

Komentar

  1. bisa dicoba ni byar tambah sensi., tetap ditemani ya,

    BalasHapus
  2. mw nanya gan, apakah disemua versi linux sperti ubuntu 12.04 berfungsi juga??? Thanks...

    BalasHapus
  3. setelah di cek, filenya gede juga, tak apalah ngunduh dulu, thanks infonya gan

    BalasHapus
  4. @LoisRP setelah saya upgrade ke 12.04 fitur multy touch sudah aktif secara default
    @mudagokil iya gan, penting linuxnya jadi maksimal.. :)

    BalasHapus
  5. Tampilan Mac ini apa pakai Mac4Lin, Kang?

    Ayo, Kang. Main ke blog Linux saya :) Saya menantimu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan.. itu dulu dapet nyolong dari blog Bojalinuxer :D

      Hapus
  6. makasih banyak ya om artikel nya..
    kemarin udah instal tapi belum jalan, eh ternyata harus dibuka n disetting dulu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merubah Tampilan Pada NOKIA N-GAGE QD & CLASIC

Cara mengatasi User-defined type not defined Visual Basic 6.0