Catatan sederhana tentang Linux

Aryan.ngrambe.net - Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi non-commersial (free) yang sedang populer di negara-negara berkembang salah satu nya di Indonesia. Ketika kita menginstall sebuah sistem operasi linux di komputer desktop/Laptop pasti sudah terdapat beberapa program-program lain yang terpaket dalam Sistem operasi tersebut, beberapa program yang telah terpaket menjadi satu bersama distro linux antara lain Tampilan desktop (KDE/GNOME), aplikasi perkantoran seperti LibreOffice, bahkan ada pula yang sudah menyertakan aplikasi grafis seperti GIMP,InkScape,Blender, dll.


Linux sendiri adalah tanda niaga (Trade mark) yang di miliki oleh Linus Torvalds yang pada waktu itu merupakan mahasiswa di Universitas Helsinski. Tanda niaga ini di patenkan ketika kejadian dimana seorang pemalsu bernama William R Della Croce Jr yang mengklaim bahwa logo linux sebagai kepunyaannya dan mengirimkan surat kepada para pengedar linux ia meminta royalti sebanyak 10% dari mereka, lalu para pengedar linux ini pun mulai mendorong agar tanda niaga ini segera di patenkan dan di berikan kepada Linus Torvalds, hingga akhirnya perlisensian tanda niaga ini di kendalikan oleh Linux Mark Institute sampai sekarang.

Sekedar diketahui, Linux dahulunya adalah sistem operasi yang menggunakan interface (tampilan) berupa text atau sering disebut dengan Tex based interface. Hal tersebut membuat sebagian orang tidak tertarik untuk menggunakan sistem operasi ini karena di nilai kurang User friendly, namun keadaan ini kini sudah berbanding terbalik sejak kehadiran KDE dan GNOME, keduanya memiliki tampilan desktop yang menarik sehingga merubah persepsi orang pada linux. Linux yang dulunya hanya terdiri dari barisan text kini sudah dapat di operasikan dengan mudah karena telah standart GUI (Graphic User Interface) sehingga memudahkan user untuk mengoprasikan linux layaknya mengoprasikan Sistem Operasi Windows ataupun Mac OS.

(Dari berbagai sumber untuk catatan pribadi lebihnya bermanfaat bagi pembaca)

Komentar

  1. sampai sekarang saya belum pernah coba os linux. Pernah lihat di kom tempat dan memang tampilannya keren banget. thankz.

    BalasHapus
  2. tapi masih banyak juga yang suka basis text.... heeh

    BalasHapus
  3. @Tmgzine coba aja gan asik kok :) gratis pisan euy

    @ncip aku gak suka basis text nya ncip tapi harus di pelajari juga sampe akar akar nya :)

    BalasHapus
  4. yang paling menyenangkan dari inux adaah virus belum bisa masuk hehehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merubah Tampilan Pada NOKIA N-GAGE QD & CLASIC

Cara mengatasi User-defined type not defined Visual Basic 6.0